Jus Jambu

Gue emang penggila warna merah. Mulai dari baju merah, kerudung merah, baju tidur warna merah, earphone merah, jam merah, sepatu merah, dan gue juga suka minum jus jambu merah. Alasan gue suka jus jambu merah cuma satu. Paling murah harganya di pedagang jus. Miris

Di siang hari yang gerah, tenggorokan gue ngrengek pengen minum yang adem-adem. Minum jus jambu seger kali ya.. tapi duit limit. Besok lagi aja dehh... nggak apa apa... mending nggak minum jus ketimbang gempor nuntun motor dari kampus sampe rumah yang jaraknya berkilo kilometer.


Disebelah gue ada si Winan, mahasiswa semester tujuh yang lagi sibuk bolak balik kertas skripsinya dia. Mukannya sumringah banget kaya lagi ngitung rupiah. Tandanya dia ngerjain skripsi dengan sepenuh hati. Saking penuhnya sebagian kertas dia buang ke tong sampah. Dia teriak "puyeng puyeng puyeng" sambil ketawa-ketawa sendiri. Kesimpulannya dia? --------> Simpulkan sendiri.

Ga nyangka. Dulu waktu kelas tiga SMA kita belajar bareng buat persiapan ujian nasional, dan sekarang udah lagi skripsi aja. Tapi dia. Gue masih semester lima. :(

Si Winan minta temenin gue wawancara ke sebuah kelurahan buat keperluan skripsinya dia. Berhubung gue orangnya baik banget, nemenin deh.

Winan, dia satu-satunya cowo yang sering dateng ke rumah gue. Entah itu cuacanya lagi panas, mendung, ujan, bahkan entah itu lagi batuk atau pilek dia suka main kerumah gue kalo dia mudik kuliah dari semarang. Kita juga punya kesukaan yang sama. Musik yang sama, film sama, warna kesukaanya juga sama. Kita pernah bela-belain ketemuan cuma buat saling copy film koleksi. Dan waktu itu kita mutusin ketemuan di tempat romantis... coba tebak dimana!



Kita ketemuan di rumah Ndut, temen SMA kita, dia juga punya film kesukaan sama kaya gue dan ninan. KIta bertiga ngomongin tentang film kaya orang kesetanan. Ga inget waktu. Lagu-lagu korea romantis koleksi Ndut mengiringi obrolan kita. Lilin menyala kian membuat tempat kita ngobrol jadi lebih romantis. Lebih tepatnya lilin itu buat ngejauhin lalat dari Winan dan Ndut karena mereka belum mandi. Ah bukan, tapi buat ngejauhin lalat dari mie ayam kita yang special di beliin sama mama nya ndut yang nggak langsung kita makan. Biasa... sok sok an dulu... padahal panggilan perut rasanya pengen cepet nelen itu mie ayam sekalian sama mangkoknya.

Kembali ke cerita di bawah pohon.
Gue tatap Winan dalam dalam dan penuh rasa harap sekian detik. Dia noleh ke arah gue. Mukanya seolah-olah bertanya-tanya. Kita saling pandang cukup lama, sedetik, dua detik, tiga detik, empat detik, lima detik, hingga berpuluh-puluh detik. Ada yang pengen gue omongin ke dia langsung. Tapi ragu, takut dia mikir macem-macem. Gue cuma bisa ngomong dalam hati ... "Winan... traktir jus jambu dong"
Dia sepertinya mulai enek liat muka gue dan buru-buru nyiapin kantong kresek buat nampung muntahan dia.


Kita duduk di bawah pohon rindang di depan ruang prodi gue. Asli ini nggak enak banget, kampus gue kampus islami, dan sadar nggak sadar keliatan aneh aja ada dua orang bukan muhrim dua duaan.

" lu mau coba ke perpus gue, siapa tau dapet buku yang cocok" bujuk gue. Kalo ke perpus kan jadi ada kegiatan. Bisa pura-pura cari buku atau pura-pura baca buku.

"Nggak ah....Si doi lama banget... di sms coba"

Si Doi... itu temen gue dan mantan pacar si Winan atau panggil saja dia Mawar. Dari SMA kita sering main bareng. Mereka pacaranpun gue ikutan. Tau kan kalo ada dua orang dua-duaan orang ketigannya adalah setan. dan Gue setannya.

Setelah menunggu sekian lama sampe berakar di bawah pohon. Mawar dateng juga. Dia yang tau alamatnya. Niatnya si Mawar mau bonceng gue.. dia agak kikuk kali ya bonceng mantan pacarnya.... biar berteman dan bersahabat baik  juga mereka pernah memadu kasih. Tapi gue nolak... mending ngasih duit tiga rebu buat naik angkot ketimbang boncengin orang. Gue Trauma... Waktu bulan puasa kemaren gue pulang kuliah ketemu tetangga gue, anak SMP baru pulang sekolah sendirian. Gue kan orangnya nggak tegaan, baik banget, dan suka menolong. Bawaan hati gue pengen boncengin dia. kasian. Gue boncengin dia deh. Dia badannya agak gemuk gitu. Baru juga narik gas.... gue nggak kuat nahan beban dia yang kalo merutut gue itu berat banget... Nggak stabil, dan jatohlah kita ke parit. Syok banget.... pertama, gue berdiri, kemudian nanyain keadaan tetangga gue itu, luka engga... sama sekali nggak mikirin diri sendiri. motor ngebul ngluarin asap. Bersyukur tentangga gue nggak luka sedikitpun. Tiba-tiba gue inget Riko Awanda temen SMA gue yang lama banget nggak gue inget. Dia pernah kecelakaan, waktu itu nggak mau di bawa ke RS karena ngrasa nggak sakit, tapi ternyata lukanya banyak di tangan.
Haaahhh..... iya... langsung gue priksa badan gue sendiri, dan bener aja.... kaki gue kena knalpot... yang ngebul dimotor itu ternya kulit gue yang kebakar. Gue nggak nyesel udah boncengin dia, niat gue cuma pengen nolong. Walaupun abis itu gue ga bisa jalan selama seminggu. Dan bekas knalpotnya belom ilang sampe sekarang. Sama... kaya luka yang di buat sama seorang, sakitnya nggak seberapa, tapi bekasnya nggak ilang-ilang

Lanjut ke cerita sebelumnya.
Mawar ahirnya bonceng Winan.
Sampailah kita di rumah Ibu Julie yang mau di wawancarain sama Winan. Ibu Julie ternyata pedagang jus, dan kita bertiga di suguhin jus jambu. Alhamdulilah banget kan. Walaupun gue minum sambil batuk batuk. Ternyata Winan juga lagi batuk. Kesimpulannya bukan musik, warna, dan film aja yang sama. Kita sama-sama lagi batuk.







Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "