Bakso Pedas Manis

Dulu, aku kalo makan bakso tuh kaya makan soup. Tanpa saos, kecap, apalagi sambel. Pucet. Sampe temen-temen tuh pada heran kalo liat aku makan bakso.

"Emang enak wit? nggak pake kecap ama saos?" tanya temenku sambil melotot, kaya melototin anak kecil yang nyuri mangga tetangga.
"aku nggak doyan saos..."
"Kan masih ada sambel, tinggal pake sambel!"
"aku nggak doyan sambel"
"ihhh.... aku mah nggak doyan kalo makan bakso bening-bening kayak kamu"



 Untunglah nggak ada yang sampe bilang gini:
"aku nggak sudi temenan sama kamu yang nggak doyan saos, lebih-lebih nggak doyan pedes"

Untunglah temenku semuanya baik hati, mau menerima temenya apa adanya. ^^

Menurtku si makan bakso nggak pake saos sama sambel enak-enak aja tuh. Kadang juga mereka kalo liat aku makan bakso kaya liat burung berenang. Melongo. Bisa-bisa kemasukan lalat tuh mulut. Harusnya makan bakso sapi malah makan bakso lalat.

Sekarang aku emang nggak suka makan saos yang ada warung-warung bakso. Ga tau deh kenapa kalo liat saos rasanya geli. Padahal dulu aku doyan rasanya juga biasa ajah, nggak ada yang aneh.

Tapi kebiasaanku makan bakso bening tanpa warna mulai berubah sejak aku ketemu sama si Paijo (nama samaran: demi menjaga nama baik temenku yang satu itu, lebih tepatnya aku takut dia nangis sambil guling-guling di lumpur saking senengnya. BAHAYA). Paijo tuh, kalo aku liat-liat hampir tiap hari dia makan bakso, bisa dibilang bakso adalah makanan pokok dia setelah nasi. Si Paijo itu yang ngajarin aku gimana caranya makan bakso yang enak. Sebenernya bukan ngajarain si, lebih benernya, aku dulu sering banget nggrecokin si Paijo kalolagi makan bakso. Abisnya dia tuh kalo lagi makan bakso kliatan banget menghayati. Kaya yang ENAK BANGET. Cocok banget jadi bintang iklan baygon rasa jeruk, minuman khusus bagi yang mau bunuh diri. Siapapun yang liat dia minum baygon rasa jeruk pasti pengen ikutan minum juga. Enggak ding.
Liat dia yang lagi makan bakso yang kliatannya enak banget itu, membuat jiwa meminta-mintaku kambuh. Dengan perjuangan yang tidak begitu sulit, aku berhasil membuat Paijo mau membagi baksonya. Dia mah orangnya baik sejak lahir. Setelah nyobain baksonya dia.Enak banget ASLI. Nggak pernah sebelumnya aku makan bakso seenak itu. Rasanya tuh kayak terbang ke monas, terus nari-nari, terus terjun ke empang, BYURRR.
Yang jelas mulai dari situ, aku mulai nyuri RAHASIA dia buat bakso biar rasanya enak. Dia nggak pake saos, dia juga nggak doyan saos sama kayak aku. Dia pakenya sambel sama kecap. Rasanya pedas manis gitu, tapi enak. Padahal dia ngasih sambelnya cukup banyak, tapi ngasih kecapnya juga banyak, sampe warnanya keitem-iteman gitu gara-gara kebanyakan kecap. Penjual baksonya udah pasti merugi kalo si Paijo yang beli, kecap satu botol di masukin  ke mangkok semua. Kuah sama kecapnya banyakan kecapnya. Haha.. Nggak lah..
Dulu, kalo makan bakso bareng si Paijo, pasti minta di kasih sambel sama kecap sama dia. biar rasanya sama enaknya kayak punya dia. Kalo aku yang ngasih sambel sama kecap biasanya rasanya aneh.

Gara-gara si Paijo, sekarang, mangkuk baksoku udah ada warnanya, udah ada rasa pedas manisnya, aku juga mulai berani makan sambel. Sekarang walaupun tanpa Paijo, aku udah bisa meracik bakso pedas manisku dengan baik dan benar, ga seenak punyanya Paijo si, tapi lumayan lah. Lama banget nggak ketemu si Paijo. Masih suka makan Bakso nggak yah dia? ^^

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "