DEWASA ITU?????

 Tahun 2011


Banyak yang bilang gue kekanak-kanakan, banyak juga yang bilang gue penakut. Orang-orang terdekat gue mempertanyakan "WITA KAPAN DEWASANYA????". Orang terdekat gue bilang, segala yang gue lakuin kayak anak kecil. Makan kayak anak kecil, minumpun katanya kayak anak kecil, megang piring sama sendok juga di bilang kayak anak kecil. Oke kalo gitu. Gue kayanya harus minum pake sedotan, makan pun juga harus pake sedotan, biar nggak ada yang komentar gue kayak anak kecil lagi.

Waktu itu gue mikir, dewasa itu kayak apa si?
Segitu kayak anak kecilkah gue? Gimana caranya biar dewasa? lebih tepatnya si gimana caranya biar dibilang dewasa? Gue pengen banget di bilang "Wita... kamu dewasa banget yahh :D....!", kedengeran keren di telinga gue dan udah pasti langsung gue TRAKTIR permen kojek deh sebagai bonus telah menyenangkan hati gue.

Sore itu gue baru aja pulang OSPEK. Maghrib-maghrib udah nggak ada angkot, dan akhirnya gue memutuskan buat nebeng Kirana temen gue.

"mau turun dimana mba?", tanya Kirana temen gue.
"Nyampe getuk gorengan aja Kir..."

Jam setengah tujuh gue nyampe di getuk gorengan. Kenapa gue nyebutnya gethuk gorengan, karena di jalan itu banyak banget penjual gethuk goreng di kanan kiri jalan. Gue sendiri nggak bisa ngitung ada berapa penjual gethuk goreng disitu saking banyaknya.

Langit udah gelap sedari tadi. Gue milih nunggu bus di depan penjual gethuk goreng. Yang banyak orannya. Di pikiranku, bus pasti masih banyak. Kata orang-orang, bus terakhir lewat jam delapan malam. Gue nyantai aja. Gue emang dari awal pengen jadi anak yang mandiri, pemberani, dan dewasa, makanya gue nggak mau di jemput. Berdiri di depan toko Gethuk Goreng bikin gue makin laper. Apalagi aroma manis dan wangi getuk goreng udah mulai manggil-manggil gue. Tapi gue cuma bisa nelen ludah, duit gue cuma tinggal Rp 10.000,00.

Setengah jam berlalu. Jam tujuh malem. Jalan raya masih aja rame, tapi nggak satupun bus yang lewat. Padahal tadi seharian gue di oven di auditorium sampe dehidrasi gara-gara AC nggak nyala. Di situ gue udah mulai lemes. Lebih lagi tadi sore di kampus gue dapet snack yang masih setengah mateng. Terpaksa gue nggak makan, dari pada gue keracunan. Laper plus lemes, gue masih semangat nunggu bis di depan toko gethuk goreng. Oke.. nggak apa-apa... demi prinsip gue buat jadi anak Mandiri, Pemberani dan dewasa.


19.30 WIB
Belum ada bus juga. Gue mulai PANIK. tapi engga, gue ngak boleh panik. Orang yang berpola pikir dewasa nggak gampang panik. Gue juga kan bukan anak yang penakut lagi. Yeahhh... gue bertahan jadi patung selamat datang di depan toko Gethuk Goreng.

"Mba nya lagi nunggu bus?" tanya mas-mas pemarkir motor (gue nggak tega manggil dia tukang parkir).
"Kalo jam segini bus emang udah jarang mba, mending minta di jemput aja!" tambah mas-mas pemarkir motor itu lagi.

Gue mulai bingung. Terancam gagal rencana gue buat jadi anak mandiri kalo sampe gue minta dijemput.

"Biasanya bus terakhir nyampe jam berapa ya mas?" Tanya gue.
"Biasanya si jam tujuh juga ada mba, tapi ini kok tumben nggak lewat, kalo nggak naik ojek aja mba, udah malem banget ini....!"

"Engga lah mas, aku mau ke rumah sodaraku aja di deket sini"

Gue nggak berani naik ojek. Takut di culik.... -_- . Sebenernya gue udah bawa senjata dari kampus tadi. Jagung bakar yang dibeliin temen gue. Kalo ada yang macem-macem tinggal pukul aja kepalanya pake jagung bakar.

"Iya.. bener mba... mending ke rumah sodaranya aja.. kalo mau naik becak ntar tak panggilin"
Kayaknya mas-mas pemarkir motor itu emang udah nggak tega liat tampang gue yang udah lemes, lecek, kumel, lebih tepatnya mas-mas itu mau ngusir gue secara halus karena telah merusak pemandangan toko dengan kekucelan kue.


Gue memutuskan buat jalan ke rumah sodara gue. Gue boong ke mas-mas pemarkir motor kalo rumah sodara gue itu deket. Deket itu kalo naik motor, kalo jalan kaki mah jauuuhhhh.

Jalan raya udah makin sepi. Dengan menggendong tas dan menenteng senjata jagung bakar. Gue jalan seorang diri menuju rumah sodara gue yang jaraknya kurang lebih 20 menitan lah kalo jalan kaki. Gue harus kuat. Gue nggak boleh minta di jemput siapapun. Gue mau jadi anak mandiri. Gue mau jadi anak Pemberani, gue juga mau jadi dewasa. Gue melewati jalan yang nggak begitu ramai. Tiba-tiba aja pipi gue basah. Air dari mana nih??? ternyata air dari mata gue. Gue nangis. Gue nangis sesenggukan sambil jalan. Gue ngrasa dada gue sesek. Gue juga ngrasa ada batu yang mengganjal di leher gue.. beratt... Jujur... gue nggak pengen nangis.. di pikiran gue... gue masih kuat nggak minta di jemput. Gue masih kuat lontang-lantung di jalanan. Tapi air mata gue mengalir makin deras...Gue lap muka gue yang basar dan idung gue yang ingusan pake jas almamater. Besok masih kepake padahal. bodo amat lah... yang penting nggak ada orang yang liat gue nangis.

Di tengah perjalanan menuju rumah sodara gue. Gue liat banyak emba-emba lagi berdiri di deket lampu bangjo ( abang ijo= merah hijau= lalu lintas alias lampu lalu lintas). Ikut berdiri juga ahhhh..... ikut nyanyi sambil keprok-keprok, siapa tau jadi dapet tambahan receh buat beli gethuk goreng. Nggak lah...


Emba-emba itu adalah karyawan dari pabrik rambut palsu yang baru pada pulang kerja. Liat mereka, gue berasa nemu harta karun. Yessss..... gue ada temennya. Gue nggak perlu ke rumah sodara gue lagi. Pasti emang bus nya masih ada... buktinya masih banyak aja yang nunggu bus.

Jalan raya udah bener-bener sepi. Saking sepinya, mau main bola di tengah jalan pun bisa. Tapi gue lebih milih tiduran aja ketimbang main bola. NGANTUK BERAT. Saking beratnya... beras satu ton aja kalah berat sama ngantuknya gue.

Gue menikmati sepinya jalan kota sambil berharap ada bus yang lewat. Seperempat jam berlalu. Belum ada bus juga. Gue Laper banget. Akhirnya gue makan juga senjata satu-satunya gue. Jagung bakar. Sejak gue pagerin gigi gue pake bekhel, gue emang nggak pernah makan jagung bakar, lebih tepatnya gue takut makan jagung bakar, takut bekhel gue pada copot. Akhirnya jadi kebiasaan, bekhel udah di copotpun gue nggak begitu tertarik makan jagung bakar. Tapi dari pada gue pinsan di perempatan jalan gara-gara kelaperan, gue makan aja jagung bakarnya. Enak banget sumpah. Brasa makan di hotel mewah. Walaupun gue sendiri nggak pernah makan di hotel mewah. haha..



Saking menikmatinya makan jagung, gue nggak nyadar, emba-emba karyawan yang lagi nunggu bus pulang satu-persatu di jemput sama keluarganya. Cuma tingal dua orang. Gue dan mbak-mbak berambut pendek. Masih aman lah... masih ada satu orang yang nunggu bus bareng gue. Lima menit kemudian ada mas-mas dateng naik motor nyamperin kita. Gue TAKUT hal buruk menimpa gue. Penasaran apa yang terjadi padaku selanjutnya?
Bener aja.. hal buruk menimpa gue... Mas-mas itu ternyta jemput mbak-mbak berambut pendek. Gue sendirian. Udah jam 20.30 WIB padahal. Gue mulai Stress... bener-bener stress... Saking stressnya gue SMS doraemon, minta pinjem pintu ajaibnya. Atao minimal di kasih pinjem baling-baling bambunya lah...Tapi yang ada malah sms gue nyasar ke Paijo. Tiba-tiba gue inget dia, dan melankolis gue kambuh. Gue ngegondok dan nyaris bikin sokaraja banjir gara-gara air mata gue.. Gue bingung harus gimana.. gue galau. Gue masih pengen nunggu bus nyampe dapet, gue masih pengen pada pendirian gue buat jadi anak mandiri, pemberani dan dewasa. Tapi malam makin larut. Nggak bagus juga seorang anak perempuan malem-malem lontang-lantung sendirian. Gue harus memutuskan.. gue harus gimana? rencana apa yang harus gue ambil biar cepet sampe rumah tanpa di jemput. Keputusan yang sangat sulit.

"Mba... naik ojek aja lah,,," bujuk bapak-bapak penarik ojek ke gue (gue nggak tega manggil bapak itu tukang ojeg)

Tapi gue masih nggak berani naik ojek. Lebih lagi senjata pamungkas gue udah gue makan dari tadi [jagung bakar].

Gue akhirnya memutuskan buat ke rumah sodara gue yang kira-kira kalo jalan tinggal 10 menit lagi. Gue ngak sms sodara gue sama sekali kalo gue mau kerumahnya.
Jalanan di pasar sokaraja udah sepi... tiba-tiba ada yang nyekek leher gue. Gue tengok ke belakang. Nggak ada seorangpun di belakang gue. Setelah gue sadari ternyata gue emang haus banget dari tadi dan itu yang bikin leher gue brasa dicekek. Gue cuma bisa menikmati perjalanan gue ke rumah sodara gue sambil nendang-nendang kerikil. Lumayan lah daripada gue harus nendang orang yang lewat di depan gue, saking BT nya gue. Di tengah perjalanan ke rumah sodara gue. HP gue bunyi. Wa gue SMS. (Wa = tante = kakaknya mama).

"Dimana wit?"
"Lagi jalan ke rumah Lilik di sokaraja, nggak ada bis.."
" Yaa.. km kerumah lilik aja dulu, ntar Pendi suruh jemput"
"OK"

Yaaahhhh.... rencana gue buat pulang ke rumah tanpa di jemput GAGAL. Tapi kalo di pikir-pikir, gue mau naik apa kalo nggak di jemput? Tapi minimal penderitaan gue yang nggak dapet-dapet bus dari tadi sudah berakhir.

Malem itu gue tetep melanjutkan perjalanan gue ke rumah sodara gue. Gue liat ada warung. Tubuh gue udah minta di kasih air. Gue beli satu teh botol dingin. Gue minum. Langsung deh brasa "JEZZZZZZZZZZZZZ". Segerrrrr....... Gue ngrasa warung itu berubah jadi Kulkas dan gue duduk bertapa di dalamnya. Teh botol langsung abis dalam sekali seruput.

Dalam gelap gue jalan ke komplek perumahan. Ternyata pendritaan gue belum berakhir. Gue lupa rumah sodara gue masuk gang yang mana? Gue mondar-mandir kayak setrika. Dan jalan yang gue lewatin udah mulai gosong gara-gara gue. Gue jalan ke timur, terus balik lagi kebarat, ketimur lagi. Gue LUPA banget gang ke rumah sodara gue yang mana. Gue SMS sodara gue belum dibales juga. Tanya ke orang aja kali yah.

"Maaf mba, mau tanya... rumahnya mba Okti itu masuk gang yang mana yah?" Tanya gue ke mba-mba yang sepertinya lagi jaga warung.

Gang di situ emang banyak banget. Itu yang bikin gue bingung.

"Mbak Okti??, mbak Okti siapa yah?? kayaknya nggak ada yang namanya mbak Okti di sekitar sini...."
"Oh... nggak tau ya mba.. makasihhh" Gue sambil melempar senyum.. Sebenernya si gue lebih kepengin lempar sepatu ketimbang lempar senyum. 

Lha gue tambah bingung. Bisa-bisanya sama tetangga sendiri nggak kenal. Padahal gue yakin banget rumahnya nggak jauh dari situ. Oh ya... gue lupa. Gue tanya sama orang kota yang emang kadang nggak kenal sama tetangga sendiri. Beda banget kalo tanya orang yang ada di desa. Biasanya orang yang di desa itu hafal nama semua orang yang satu desa plus pasti tau dimana rumahnya, mau rumahnya berjarak satu kilometer dari rumah dia sekalipun. Diketahui orang Desa emang waktu duduk di bangku SD di suruh hafalin KTP semua penduduk Desa. Nggak ding...

Jam menunjukkan pukul 20. 50 WIB . Dari pada gue cape nyari rumah sodara gue yang dari tadi nggak ketemu. Gue akhirnya duduk di bawah pohon sambil nunggu si Pendi. Gue yakin Pendi pasti lewat jalan ini. Bener aja.. baru 2 menit gue duduk.. jemputan gue udah dateng.

"Hahahaha...." Pendi yang liat gue lagi terkapar di bawah pohon langsung ketawa setan. 
"Ketawaaa.....???? hahhhhh"
"Yukk pulang...HAHA." Pendi kayaknya ngrasa puas banget liat gue menggelandang di jalanan.
"Iya lahhh.. masa mau main" jawab gue ketus.

Gue Pulang bareng Pendi.

Nggak nyampe seperenpat jam gue udah nyampe rumah Pendi. Gue liat adek gue si Igun udah tidur gara-gara klamaan nunggu gue. Coba dari jam setengah tujuh gue langsung minta jemput, pasti jam sembilan ini gue udah tidur pules. "Belajar jadi dewasa ternyata susah juga yah......" pikir gue waktu itu. 

Gue waktu itu emang nggak ngerti dewasa yang sebenernya itu seperti apa. Orang harus bagaimana dulu biar di bisa dikatakan dewasa.....


 Orang bilang dewasa itu tidak memandang usia, tapi usia mempengaruhi kedewasaan.

Sampe sekarang pun gue masih nggak ngerti... Dewasa itu yang kayak apa si?? Gue ini udah berubah jadi Wita yang lebih dewasa atau masih seperti Wita di tahun 2011 lalu? Gue nggak bisa jawab -_-

Tapi yang jelas.. sekarang gue menikmati hari-hari gue dengan menjadi diri gue sendiri. Terlepas orang lain mau bilang gue kekanakkan atau tidak.(^_____^)






























Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "