KIMIA DAN AKU

Kejadian semasa SMA apa si yang paling berkesan menurut kamu?

Kalo aku si banyak banget. Salah satunya, dulu waktu SMA kelas satu aku tuh punya alergi kronis sama mata pelajaran KIMIA. Pelajaran kimia bisa bikin aku mual, sakit kepala, lemes, kringet dingin. Alergi ku yang satu ini sebenernya lebih mirip mabuk kendaraan.


Guru Kimia yang ngajar kelas ku itu udah terkenal di seluruh belahan SMA ku, kalo dia tuh Guru yang Killer. Siapapun yang lawan dia di jamin bakal di libas pake samurai, karena dia adalah seorang Killer. Nggak lah...Kalo yang ini aku nambah-namabahin.


Demi menjaga nama baik Guruku itu, sebut saja Bu Mimin. Selain Killer, Beliau juga punya hobi menerangkan rumus-rumus Kimia sambil nulis di papan tulis(Sebenernya si.. mau baik atau mau killer, buat aku, tetep aja kliatan killer-efek sebel sama pelajaran Kimia-). Hobinya itu dijadikan metode mengajar, yang memang ternyata bukan hobi, tapi itulah metode beliau mengajar kita. Nulisnya tuh secepat dia menerangkan, harus buru-buru di catet juga, kalo engga, kita nggak bakal punya catetan dan kalo sewaktu-waktu lupa sama materinya, MAMPUSlah. Buat siswa yang super lemot dalam hal-hal rumus-rumus gitu, udah pasti terancam jedotin kepalanya ke bantal tuh. Aku termasuk kedalam anak yang super lemot itu. Buset banget pokoknya kalo pas pelajaran kimia. Kebetulan aku dukuk di sekolah faforit, yang kebanyakan emang anak-anak pinter. Dan mungkin saya ada di level terendah diantara mereka, dan udah pasti aku selalu ketinggalan dalam hal menerima pelajaran.

Pelajaran Kimia di jadwalkan tiap hari senin. Dan tiap hari senin itu adalah jadwal ku piket kelas. Tugas anak yang piket kelas adalah menyapu kelas dan menghapus papan tulis. Berhubung aku nggak pernah nyapu kelas gara-gara sering sampe ke sekolah pas bel masuk, maka dari itu, tugasku adalah menghapus papan tulis.

Waktu itu, seprti biasa, bu Mimin mengajar kita dengan metode super MUMETin buat aku (Sebenernya si mau pake metode apa aja, dan gimana aja, KIMIA tetep mumetin buat aku). Untuk temen-temenku yang emang pinter si mungkin oke-oke aja. Belajar sendiripun mungkin mereka bisa. Nah, buat aku?


Temen-temen pas pelajaran Kimia selalu punya kegalauan. Milih nyatet atau dengerin ceramahnya Bu Mimin. Kalo aku udah pasti milih nyatet. Kenapa? aku males banget dengerin, bikin alergiku kambuh. Selain itu, dengerin pelajaran Kimia tuh bikin perut lebih laper dari biasanya. Kalo aku di suruh maju ngerjain soal. Ada cara praktis. Suci, temen sebangkuku punya kecerdasan diatas rata-rata, beda banget sama aku.Mata pelajaran yang ada rumus-rumus dan hitungannya, itu pelajaran faforit buat dia. Menurut kabar yang beredar, kecerdasan dia terletak pada rambutnya yang panjang. Yang kalo rambutnya di potong bakalan mengurangi kecerdasannya. Awalnya si aku nggak percaya, tapi berdasarkan bukti-bukti yang aku kumpulkan dengan teman-teman sepermainanku Sugi, Aci, Duyung, Umrot, Apit, DM, dan Yuyun, dugaan itu terbukti. Waktu itu dia baru aja potong rambut, dan kamu pengen tau apa akibat dari dia potong rambut? nilai dia yang biasanya 100, 90, atau minimal 85 berubah jadi 50. Dan hal itu benar-benar mencengangkan.

"Wah...., ternyata rambut suci adalah Jimat..., Ajaib" kata Sugi dengan hebohnya
"Bener tuh, botakin aja yuk" aku berusaha memprofikasi temen-temen.

Dan itu adalah obrolan ngaco antara aku dan temen-temen, dan cerita rambut Suci yang Jimat itu adalah Hoax.

Kembali ke cerita Kimia dan Aku, Karena Guru Kimiaku yang senengnya nerangin sambil nulis di papan tulis, aku yang piket hari itu, cuma jadi tukang bersih-bersih doang tiap pelajaran Kimia, dan aku si Ikhlas banget waktu itu, kesempatan buat aku melampiaskan kebencianku sama yang namanya RUMUS KIMIA.

"DENGAN KEKUATAN MENDOAN DAN KETUPAT, AKU HAPUS KAMU DARI MUKA PAPAN TULIS, MAMPUS !!!"

Sayangnya cuma ada penghapus, coba kalo ada Samurainya Inuyasha, nggak perlu basa-basi, aku langsung cincang itu papan tulis, biar Bu Mimin nggak nulis RUMUS KIMIA di situ lagi. Bikin Stress.

Di antara buku tulisku yang lain, buku tulis Kimiaku itu paling rapih, nggak ada tulisan acak-acakan. bukunya pun masih kayak buku baru. Alus, tanpa keLECEKan. Ya Jelas lah, aku lebih milih nyatet dengan sepenuh hati ketimbang dengerin. Dengerin mah nggak dapet apa-apa. Masuk kuping kanan, keluar kuping kiri. Selain itu aku juga dapat keuntungan lain, buku tulisku biasanya di sewa Rp 1000,-/ pinjem sama anak-anak yang lebih milih dengerin Bu Mimin menerangkan. Jenius kan? haha... Tapi karena aku orangnya baik, aku kasih mereka diskon 100%. GRATIS jadinya.

Tau peribahasa populer yang satu ini "Siapa yang menanam, dia yang akan memetik" ?. Karena aku yang emang payah dalam hal RUMUS KIMIA. Dan aku nggak pernah berusaha untuk berusaha biar bisa. Malah menyentuh BUKU KIMIA kalo mau ulangan pun ogah-ogahan. Aku jadi anak yang langganan remidi Kimia. Aku selalu dapat nilai nggak pernah lebih dari angka 3 (TIGA). SADIS. Lebih lagi, aku nggak punya keberanian buat nyontek. Ya Udah. Waktu ulangan kenaikan kelas. Aku seperti biasanya, REMIDI. dan aku ikut remidi dan bukan hanya sekali. berulang-ulang sampai nilai di rapot tuntas. Dan SELAMAT, nilai di rapot nggak merah, dan pas banget di angka batas tuntas. Aku bersyukur.

Tapi agak nyesel juga, coba kalo aku mau belajar dan nggak sok-sokan Alergi. Pasti nggak payah-payah amat sama yang namanya KIMIA. Yang Jelas nggak bakalah cape remidi bolak-balik.  Padahal si SUCI, temenku yang punya rambut sakti itu, mau banget dengan suka rela ngajarin aku. Nasehatin aku tiap saat malah. Tetep aja  aku kadang MALES belajar.Tapi nyesel emang di Belakang. Biar aku nggak nyesel-nyesel lagi. Apapun dan seberapapun susahnya, aku nggak mau menghindar. TAKHLUKAN ITU.. FIGHTING!!!

Remidi Kimia berulang-ulang jadi moment yang berkesan. KAPOK jadi orang yang nggak mau berusaha. Seperti kata ku di atas kalo nggak bisa atau belum bisa yaaaaa FIGHTING!!! Biar BISA ^^
Semoga aku selalu menjadi Wita yang selalu semangat Berusaha apapun rintangannya. FIGHTING!!


*WITA*


















  • Kocak wit,,meskipun kesannya nyleleneh,,,,tapi tetep dapet advices
    gaya tulisannya ringan,,ngga bikin puyeng kaya KIMIA
    hhahahahaha....XXDDDD
    eh,,tapi masa Suci pernah dapet 50??
    kapan? mapel apa?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "